Marketing Funnel: Pengertian dan Tahapan dalam Menjaring Konsumen
Memiliki produk kebanggaan untuk dijual memerlukan strategi pemasaran yang sesuai. Namun tidak semua orang tahu strategi mana yang harus mereka gunakan. Salah satu strategi pemasaran yang terkenal adalah marketing funnel. Apabila Anda menguasai strategi satu ini, Anda bisa meraup keuntungan yang berlipat ganda.
Tahukah Anda apa itu pengertian dari strategi pemasaran funnel? Apa saja tahapan yang berlaku untuk menjaring konsumen dari strategi ini? Yuk, pelajari pemasaran funnel dari penjelasan di bawah ini!
Apa Itu Marketing Funnel?
Marketing funnel atau pemasaran funnel merupakan sebuah strategi yang digunakan untuk mengenalkan sebuah merek atau brand dari sebuah produk kepada konsumen.
Untuk mengaplikasikan strategi ini, Anda harus memulainya dengan perkenalan, persuasi, transaksi, pemesanan ulang, hingga menjadi pelanggan setia. Selain itu, strategi ini terkenal dengan kemampuannya untuk menjaring konsumen lebih luas dengan jumlah lebih banyak.
Namun setelah menjaring cukup banyak konsumen, Anda akan mendapati pengerucutan pada konsumen. Kendati demikian, berkurangnya jumlah konsumen bukan mengindikasikan hal yang buruk. Justru menyusutnya jumlah konsumen adalah hal baik sebab itulah indikasi konsumen yang setia.
Bagaimana Marketing Funnel Menjaring Konsumen?
Pengerucutan dari strategi pemasaran ini sangat efektif untuk menjaring konsumen yang benar-benar setia dan mencintai produk dari brand Anda. Namun untuk menjaring konsumen setia dibutuhkan empat tahapan utama. Berikut adalah penjelasannya.
1. Awareness
Dalam mengembangkan sebuah brand, setiap pebisnis pasti memiliki dua hal utama dalam mempromosikannya. Mereka adalah brand awareness dan target pasar. Adanya awareness dalam berbisnis akan menjelaskan mengapa produk diproduksi dan apa saja keuntungan yang akan konsumen dapat saat membelinya.
Hal yang kedua adalah target pasar. Setiap brand memiliki target pasar masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki target yang sesuai dengan produk yang Anda pasarkan sehingga mendapat konsumen yang jelas kesetiaannya.
2. Consideration
Consideration atau pertimbangan yang matang adalah salah satu faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk. Setiap brand dari perusahaan yang memiliki produk harus memberikan alasan terbaik mengapa produk yang mereka pasarkan memiliki nilai jual dan manfaat bagi konsumen.
Semakin baik Anda menjelaskan apa produk dan keuntungan yang ia berikan, semakin tertarik pula calon konsumen untu membeli produk Anda. Jangan lupa beri perbandingan terbaik dari kompetitor yang menjelaskan bahwa produk dari brand milik Anda lebih unggul.
3. Purchase
Marketing funnel adalah pemasaran terbaik yang dapat membuat calon konsumen tergoda untuk membeli produk yang Anda pasarkan. Setelah konsumen sadar akan produk Anda, mereka akan mulai menimbang-nimbang seberapa perlu mereka membeli produk dari brand Anda.
Apabila persuasi berhasil, maka mereka akan membeli produk yang Anda pasarkan. Satu yang harus Anda perhatikan adalah pelayanan yang ramah dan mengedepankan konsumen. Beri mereka produk terbaik sehingga mereka terpaku dan memiliki keinginan lebih untuk terus membeli produk yang Anda jual.
4. Testimoni
Tahapan terakhir dari pemasaran ini adalah mendapatkan testimoni atau penilaian dari konsumen yang telah setia menggunakan produk Anda. Mintalah pendapat akan pelayanan, produk, harga, hingga kualitas dan manfaat yang konsumen dapatkan saat mengonsumsi produk Anda.
Aplikasikan Marketing Funnel dalam Bisnis Anda!
Berbisnis akan membutuhkan pemasaran yang luas dengan strategi yang sesuai. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan marketing funnel untuk mendapat konsumen yang setia.
Apabila Anda ingin memasarkan produk melalui website, gunakan layanan hosting web terbaik dari Elastis.Id yang siap melayani dimanapun Anda berada. Yuk, jaring konsumen setia untuk mendapatkan keuntungan tiada tara!