Brand Image Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Brand Image Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Dalam dunia bisnis, secara singkat citra merek atau brand image adalah persepsi yang ada dalam benak atau kepala konsumen mengenai sebuah merek. Setiap perusahaan mengupayakan untuk dapat membangun image yang baik dan positif agar dapat memikat hati konsumen. Apakah Anda membutuhkan penjelasan yang lebih detail? Ulasan berikut akan menjelaskannya untuk Anda!

Apa itu Brand Image?

Menurut Kotler, pengertian dari brand image adalah sebuah ide, kesan, atau keyakinan seseorang terhadap sebuah merek. Biasanya kesan tersebut muncul ketika terjadi interaksi antara perusahaan dengan konsumen, di mana dari interaksi tersebut konsumen dapat menarik kesimpulan mengenai baik buruknya kesan yang mereka terima. 

Jadi, brand image adalah citra, kesan, atau perspektif yang muncul dalam benak konsumen pada suatu merek tertentu dan perusahaan tidak dapat mengontrolnya. Karena itu perusahaan berlomba-lomba untuk dapat membangun citra yang positif dan menjadi top of mind yang akan berpengaruh pada kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Citra merek sendiri sangat penting karena dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk atau jasa. Bagi Anda yang merupakan seorang pelaku bisnis, memperhatikan citra merek adalah sebuah keharusan.

Fungsi Brand Image untuk Bisnis Anda

1. Menjadi Ciri Khas Merek

Brand image adalah citra dari sebuah perusahan yang biasanya berbentuk logo, tagline, serta visi dan misi. Oleh karena itu penggunaan logo, tagline, dan visi misi ciri khas yang hanya dimiliki perusahaan Anda. Keunikan merek Anda akan membuat bisnis terlihat lebih menonjol, berbeda, dan mampu bersaing dengan kompetitor. 

2. Daya Tarik Tersendiri

Memiliki citra merek yang positif akan menjadi daya tarik dari produk Anda. Sebuah merek yang tidak melakukan branding akan tenggelam oleh sebuah merek yang berupaya melakukan branding

Tidak hanya loyalitas konsumen, jika sebuah merek dapat memberikan kesan pertama yang baik, konsumen baru juga akan datang dengan sendirinya karena pengaruh word of mouth.

3. Meningkatkan Value

Dapat dikatakan bahwa membangun brand image adalah sebuah upaya yang diperjuangkan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan value atau nilainya. Image yang kuat dapat meningkatkan nilai, jadi ketika Anda meningkatkan harga produk Anda, konsumen dapat menerimanya. Karena value yang Anda berikan telah menjadi kelebihan produk Anda dan memuaskan konsumen. 

Contoh Brand Image

1. Coca Cola

Coca Cola memiliki ciri khas dalam setiap iklannya. Dalam iklan-iklan tersebut, image yang dibangun oleh Coca Cola adalah kebersamaan dan kebahagiaan. Karena itu Coca Cola selalu identik sebagai minuman yang cocok untuk menghabiskan waktu berkumpul yang bahagia bersama orang-orang terdekat.

2. Indomie

Indomie merupakan salah satu merek yang sangat berhasil dalam membangun citra merek positif dalam benak konsumen. Merek satu ini selalu berhasil menjadi top of mind dan membuat konsumen mengingat momen istimewa ketika memakan mie instan.

4. Apple

Apple selalu mengupayakan produknya sebagai produk yang berbeda dari segi desain hingga sistem operasinya. Hal ini membuat Apple dapat membangun kesan sebagai brand yang eksklusif dan mewah.

Sudah Semakin Paham Mengenai Pentingnya Brand Image?

Dari penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa brand image adalah aspek signifikan ketika Anda membangun suatu bisnis. Jika Anda sedang membangun usaha dan membutuhkan jasa hosting, Elastis.id dapat menjadi rekan terbaik yang siap membantu kapan saja Anda mengalami kesulitan. Elastis akan melayani selama 24/7 dan akan menjamin keamanan data Anda!