Landing Page Adalah: Karakteristik, Peran, dan Jenisnya Dalam Website
Landing page adalah salah satu komponen website yang penting karena merupakan halaman pertama yang akan terlihat saat seseorang mengunjungi atau menemukan website Anda dari mesin pencarian.
Desain halaman yang menarik akan membuat pengunjung tertarik pada konten yang Anda berikan. Sebaliknya, desain yang kurang menarik atau monoton akan membuat pengunjung meninggalkan halaman website Anda.
Halaman ini memiliki karakteristik tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan halaman website lainnya. Berikut ini adalah ulasan tentang karakteristiknya.
Karakteristik dan Peran Landing Page Adalah?
Landing page adalah halaman khusus dalam suatu website yang mewakili konsep marketing dari sebuah website. Disebut landing karena halaman ini merupakan halaman yang pertama kali Anda lihat saat mengunjungi atau menemukan sebuah website pada mesin pencarian.
Halaman ini memiliki karakteristik tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan halaman lainnya.
Landing page adalah halaman memiliki desain dengan fungsi khusus yaitu menarik minat pengunjung pada saat kunjungan pertama. Halaman ini akan memudahkan pengunjung menemukan fungsi utama dan produk unggulan dari sebuah website tanpa harus melakukan upaya eksplorasi yang lebih.
Sebaliknya, website yang tidak memiliki landing page akan membutuhkan waktu dan upaya eksplorasi yang lebih bagi pengunjung untuk menemukan fitur unggulannya.
Pada sebuah website marketplace, landing page adalah halaman yang berfungsi untuk mendorong pengunjung website segera melakukan proses transaksi pembelian produk. Oleh karena itu biasanya halaman ini selalu merujuk pada produk tertentu.
Pada jenis website yang lain, halaman ini biasanya dilengkapi dengan informasi yang menarik untuk mengajak pengguna melakukan aksi tertentu seperti bergabung dengan komunitas, mendownload aplikasi tertentu, atau mengisi kuesioner survey.
Baca Juga : Website Adalah : Berikut Pengertian dan Jenisnya!
Jenis-Jenis Landing Page Adalah?
Secara umum terdapat 2 jenis landing page yaitu lead generation dan click through landing pages. Masing-masing jenis tersebut dibedakan berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Lead Generation Landing Pages
Jenis ini berfungsi untuk mengumpulkan data pelanggan. Data yang dikumpulkan biasanya adalah nama, email, alamat, dan nomor telepon.
Data ini akan disimpan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis mendatang yaitu menjaga dan merawat hubungan dengan pelanggan Setiap pelanggan pasti memiliki kebiasaan belanja masing-masing.
Tak heran biasanya setelah mengunjungi sebuah website biasanya Anda akan langsung mendapatkan penawaran atau promo-promo menarik dari website tersebut melalui email maupun nomor telepon yang Anda berikan.
2. Click Through Landing Pages
Jenis kedua ini biasanya banyak Anda temui dalam website marketplace. Jenis ini biasanya hanya memiliki satu tombol utama dan langsung to the point. Tombol yang ada pada halaman ini biasanya adalah tombol sederhana seperti “Beli Sekarang”, “Order Now”, atau “Shop Now”.
Jenis ini memang memiliki desain sedemikian rupa karena bertujuan untuk mengajak pengunjung agar segera membeli produk yang Anda tawarkan. Selain itu penggunaan tombol yang minimalis juga akan mengurangi keinginan pengunjung untuk berpindah ke halaman lainnya.
Sudah Tahu Pentingnya Landing Page Dalam Digital Marketing?
Sebagai bagian yang penting dalam sebuah website, landing page adalah halaman yang berperan dalam mengumpulkan data pengunjung dan menjembatani mereka untuk melakukan proses interaksi secara langsung. Tampilan yang menarik akan mampu menarik perhatian pengunjung yang akan berdampak positif bagi bisnis Anda.
Jika Anda ingin membuat desain website yang menarik, Anda bisa mengunjungi Elastis.id. sebagai penyedia jasa hosting terbaik. Elastis.id akan membantu Anda merancang landing page yang menarik untuk strategi digital marketing Anda. Selamat mencoba!