Email Marketing Adalah: Definisi, Contoh, dan Strategi Penggunaannya

Email Marketing Adalah: Definisi, Contoh, dan Strategi Penggunaannya

Salah satu bentuk content marketing yang mungkin sering Anda jumpai adalah email marketing. Email marketing adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Anda mungkin pernah menganggap pesan komersial ini sebagai spam karena menumpuk di kotak masuk Anda. Namun email komersial ini bukanlah sebuah spam. Lalu bagaimana membuat email komersial yang menarik? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah suatu konten pemasaran yang berisi pesan komersial. Email ini dikirimkan secara langsung kepada pelanggan. Konten ini biasanya memuat informasi tentang produk, penawaran, event, dan promo yang sedang berlangsung. 

Email komersial memungkinkan Anda untuk terhubung secara langsung dengan pelanggan secara lebih private, sehingga Anda dapat menjaga hubungan baik Anda dengan pelanggan.

Beberapa contoh pesan yang termasuk email marketing adalah newsletter, email promosi, digest email, transaction email, email follow-up, dan email khusus yang Anda tujukan untuk pelanggan tertentu.

Bagaimana Cara Membuat Email Marketing yang Menarik?

Salah satu faktor keberhasilan dari sebuah content marketing adalah cara penyampaiannya yang menarik. Sering kali produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan sudah bagus namun cara pemasarannya kurang menarik. Hal ini tentu saja akan merugikan perusahaan karena strategi pemasarannya kurang berhasil.

Banyak sekali penawaran menarik yang bisa Anda temukan melalui email pemasaran ini. Namun, email marketing adalah pesan yang sering kali dianggap sebagai spam karena penyampaian yang kurang menarik. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat pesan pemasaran yang menarik. 

1. Kenali Kebiasaan Pelanggan

Strategi pertama membuat email marketing adalah kenali kebiasaan pelanggan. Setiap pelanggan pasti memiliki kebiasaan belanja masing-masing. Untuk menarik perhatian pelanggan dengan pesan komersial, Anda harus memahami kebiasaan mereka. 

Anda bisa melakukannya dengan menganalisis pola produk yang sering mereka beli, waktu pembelian, dan promo yang sering mereka pakai. Dengan analisis tersebut maka email pemasaran Anda akan lebih personal dan menarik bagi pelanggan.

2. Kelompokkan Pelanggan

Tidak semua pelanggan memiliki minat berbelanja yang berbeda. Ada beberapa di antara mereka yang memiliki kebiasaan dan minat yang sama.

Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas email pemasaran Anda, cobalah untuk mengkategorikan pelanggan Anda berdasarkan kelompok tertentu seperti usia, minat, tempat tinggal, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

3. Tentukan Jenis Pesan

Setelah mengetahui segmentasi dan persona masing-masing kelompok pelanggan, selanjutnya Anda bisa menentukan jenis pesan komersial apa yang cocok bagi setiap kelompok.

Usahakan juga untuk mengirim pesan tersebut di waktu-waktu yang tepat untuk mendapatkan momen interaksi pelanggan.

Anda bisa memberitahu pelanggan tentang frekuensi dan intensitas email pemasaran yang akan Anda kirimkan saat mereka mendaftarkan data diri.

4. Email Masuk Whitelist

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang penting. Jadi pastikan email yang Anda kirimkan masuk dalam whitelist atau sudah disetujui oleh penerima. Jika pesan komersial yang Anda kirim masuk dalam whitelist maka pesan Anda akan otomatis masuk ke inbox utama pelanggan Anda.

5. Jangan Gunakan Kata-Kata Spam

Hindari menggunakan kata-kata yang termasuk dalam kategori spam seperti “Klik link/tombol di bawah ini”. Kata-kata tersebut biasanya terdeteksi sebagai spam oleh ISP (Internet Service Provider).

6. Gunakan Email Service Provider Terpercaya

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menghindari terjadinya spam, usahakan untuk menggunakan email service provider dari perusahaan yang terpercaya. 

Sudah Tahu Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah bentuk content marketing yang memiliki peran cukup strategis dalam teknik pemasaran. Pesan komersial ini akan menjembatani Anda dengan pelanggan Anda secara lebih personal. 

Jika Anda tertarik dan ingin membuat email marketing Anda sendiri yang menarik, ada baiknya Anda mengunjungi website elastis.id. Sebagai website penyedia jasa hosting terbaik, Elastis.id akan membantu Anda meningkatkan penjualan produk Anda melalui digital marketing. Selamat mencoba!