Apa Itu Buyer Persona? Ini Cara Membuat dan Manfaatnya Dalam Bisnis
Banyak sekali konsumen di seluruh dunia yang memiliki karakteristik berbeda – beda. Kemudian dalam strategi pemasaran yang baik tentunya memerlukan adanya pandangan konsumen seperti buyer persona. Buyer persona adalah salah satu strategi dalam pemasaran untuk memudahkan ketika penjualan produk yang ada.
Apa Itu Buyer Persona?
Buyer persona adalah sebuah gambaran umum konsumen yang seolah mereka ada dan sesuai keinginan ideal pembuatnya. Nantinya mereka akan membantu Anda dalam menentukan penjualan produk agar sesuai harapan. Hal ini tidak sama dengan target audiens karena lebih terperinci dan informasi di dalamnya beragam.
Langkah-Langkah Membuat Buyer Persona
Terdapat beberapa cara atau langkah dalam membuatnya. Tentu saja tidak sulit dalam membuatnya, yaitu dengan melihat penjelasan berikut ini.
1. Melakukan Penelitian
Sebelum membuatnya, terlebih dahulu harus melakukan penelitian atau riset yang di dalamnya meliputi sifat, demografi, dan data lainnya. Anda harus bisa memahami dan tahu bagaimana karakteristik pelanggan bisa dengan wawancara.
Namun ketika Anda ingin memasarkan produk melalui media online dan ingin tahu lebih dalam informasi pelanggan bisa memakai Google Analytics. Dengan begitu informasi berupa dari mana asal pengunjung Anda, lamanya waktu yang mereka habiskan di situs Anda, dan lainnya.
2. Membuat Buyer Persona
Jika semua informasi yang Anda perlukan sudah terkumpul maka langkah selanjutnya yaitu membuatnya. Informasi yang Anda dapat bisa langsung disusun dan menjadikan rangkaian yang pas.
Anda bisa mulai memberi nama di dalam persona tersebut, beberapa informasi pribadi, keluarga, keuangan, dan lainnya. Untuk pemberian nama ini bertujuan bahwa seolah – olah mereka pelanggan yang sebenarnya.
3. Pilih Target Pasar
Setelah persona tersebut terbentuk maka berikutnya Anda dapat menentukan target pasar. Dengan perencanaan target pasar yang matang nantinya pesan dan waktu penyampaian akan tersampaikan dengan lancar. Jika Anda menggunakan media sosial maka isi dari konten tersebut usahakan dapat menarik persona tersebut.
Baca Juga: Costumer Journey: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya
Manfaat Penting Buyer Persona
Kemudian dari adanya bentuk persona ternyata memberikan manfaat yang besar dalam sebuah perusahaan. Manfaat tersebut, antara lain :
1. Dapat Mengembangkan Produk
Dari adanya persona seperti ini nantinya akan membantu Anda dalam mengidentifikasi lebih dalam dari produk Anda. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah dalam mengembangkan produk yang ada. Pengembangan ini tentunya berdasarkan keinginan dan kebutuhan para audiens.
2. Membangun Relasi Dengan Pelanggan
Berikutnya yaitu dalam membangun relasi yang baik dengan pelanggan di luar sana. Buyer persona akan memberikan informasi mengenai permasalahan yang sedang mereka hadapi. Sehingga Anda dapat melakukan pendekatan dan memberikan solusi terkait masalah tersebut agar bisa terpecahkan dengan baik.
3. Membuat Strategi Pemasaran yang Efektif
Selanjutnya Anda dapat membuat strategi pemasaran dengan lebih efektif lagi. Penggunaan hal tersebut akan mendorong dalam menentukan bagaimana langkah yang tepat dalam pemasaran nantinya. Anda dapat fokus pada beberapa informasi di dalamnya dan mengembangkannya dengan cara lebih baik.
Sudah Paham dengan Informasi Buyer Persona diatas?
Dengan demikian, membuat buyer persona memang menjadi strategi yang tepat dalam proses pemasaran. Kemudian cara membuatnya pun tidaklah mudah dan mendapatkan informasi persona bisa dengan media yang ada. Ketika Anda memakai persona seperti itu pastinya akan mendapatkan manfaat yang besar.
Jika Anda nantinya ingin membuat website pertama kali dan bingung bagaimana dapat menggunakan jasa website dari Elastis.id dengan pelayanan mudah, cepat dan berkualitas. Tertarik mencoba?